Tuesday, June 23, 2009

Komentar seorang Muallap tentang buku saya

Pernah seorang teman saya, yang baru beberapa tahun ini masuk ke dalam agama Islam, ikut mengkomentari buku saya berjudul 40 Hari Di Tanah Suci melalui sms via ponsel.
Begini komentarnya:
AU SEDANG MAMBACA BUKU NA DITULIS ABANG ON. GET MANYAPAI ASI DISETIAP KATA ALLAH DI PAKE ABANG DENGAN KATA TUHAN. ASI INDA DIPAKE DENGAN KATA ALLAH TERUS TANPA KATA TUHAN. HARANA MENURUTKU KATA TUHAN ITU IDENTIK DENGAN NASRANI. DAN ALLAH MENGATAKAN TIADA TUHAN SELAIN ALLAH. MOHON PENJELASAN NA DA BANG. SMS SAJO PE DA.
Lalu saya jawab:
Kata Tuhan adalah kata umum dalam bahasa Indonesia. Tiada Tuhan selain Allah, maksudnya tidak ada Tuhan yang diakui selain Tuhan yang bernama Allah. Jadi tentang alasan selalu kutulis nama Tuhan, memang buku ini tidak cuma khusus untuk bacaan Muslim, tapi sesuai buat siapa saja yang ingin mengetahui perjalanan haji. Kata Allah biasa sering kudengar diucapkan oleh orang orang yang sering bergaul dengan Muslim saja. Tapi bagi saya yang merupakan tamatan sekolah umum lebih sering memakai kata Tuhan karena saya bukan hanya akrab dengan Muslim saja. Itulah kira alasannya, A Lun. Terima kasih atas pertanyaannya.
Kemudian ia kembali mengirim sms:
BENAR MEMANG KATA TUHAN UNTUK UMUM. TAPI BUKU YANG DITULIS PASTI ORANG MUSLIM YANG MEMBACANYA. TAK MUNGKIN ORANG NASRANI MAU MEMBACA KARENA DARI JUDUL SAJA SUDAH PASTI DI HINDARI ORANG NON MUSLIM. JADI TIDAK TEPAT PENEMPATAN KATA TUHAN DITULIS DI BUKU INI. MENURUTKU INI JADI SATU KELEMAHAN DALAM BUKU INI.
Lalu saya jawab:
Terima kasih atas penilaian anda terhadap buku saya:
40 Hari Di Tanah Suci
Ia berkomentar lagi:
AU MANGIDO MAAF PALA ADONG KATA TEGORANKU NA MAMBAEN ANCIT ROHA NI ABANG DA. INDA ADONG MAKSUD ITU MENGHINA TAPI HANYA SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN ABANG SAJO UNTUK BUKU ABANG NA LAIN. MANGIDO MOOF AU DA BANG.
Kemudian saya jawab lagi:
Tidak ada yang salah. Memang penulis mesti siap dikritik. Bukan hanya Alun yang mengkritik. Tapi masih banyak yang lain. Tapi semua itu akan jadi bahan masukan bagi saya. Terima kasih.
Oleh penulis buku:
40 Hari Di Tanah Suci

No comments:

Post a Comment